Sabtu, 24 September 2011

Rani Mukerji

BIOGRAPHY

Tanggal lahir : 21 March 1978 (umur 33)
Tempat lahir : Kolkata , West Bengal , India   
Tinggi : 5' 3" (1.60 m)
Ayahnya : Ram Mukherjee ( Pensiunan direktur dan salah satu pendiri Filmalaya Studios )
Ibunya : Krishna ( Seorang penyanyi pemutaran )
Kakak : Raja Mukherjee ( Seorang produser film, kini berbalik direktur)
Bibi Ibu : Debashree Roy ( Pemenang penghargaan nasional-Bengali aktris film )
Sepupu : Kajol (Aktris Bollywood populer ), Ayan Mukerji ( Penulis dan direktur Wake Up Sid )
 
Komik Favorite  : Archie dan Donald Duck
Pakaian FavoriteYang penting Nyaman
Hobi  : Dancing
Makanan favorit : Ikan yang dibuat oleh ibunya.
Hadiah Favorit: Diamond cincin ayahnya memberinya.
Film favorit : 'Titanic'
lagu favoritL: 'My Heart Will Go On' dari 'Titanic'.
Favorite Parfum : Polo Sport

Latar Belakang Kehidupan

Rani Mukerji adalah seorang penari Odissi, dan mulai belajar menari di kelas sepuluh.  
Mukerji belajar di Maneckji Cooper High School di Juhu , dan kemudian mendaftar di Mithibai College di Mumbai .

Career

Setelah melakukan penampilan cameo singkat untuk pertama kalinya dalam bahasa Bengali Film ayahnya Biyer Phool (1992), Mukerji membuat debut akting lima tahun kemudian, sebagai protagonis dari Raja Ki Aayegi Baraat (1997).  Penampilannya sebagai korban perkosaan dalam film itu diterima dengan baik, tapi film ini gagal untuk melakukannya dengan baik komersial. Namun demikian, ia menerima pengakuan Khusus Juri di Star Screen Awards . Namun, ketika film ini gagal di box office, ia kembali ke kampus untuk menyelesaikan pendidikannya. Mukerji memiliki kembali sukses pada tahun 1998 dengan Ghulam , berlawanan Aamir Khan ; tidak film baik di kotak. kantor  Lagu Aati Kya Khandala Mukerji populer di kalangan massa, produktif nya julukan Khandala Girl. dibuat Karan Johar s ' debut sutradara, Kuch Kuch Hota Hai , dibintangi Shahrukh Khan dan Kajol , diikuti baginya tahun itu. Film ini blockbuster sebuah, dan dia menerima pertamanya Filmfare Award dalam kategori Aktris Pendukung 
Terbaik.
Meskipun Badal adalah salah satu film terlaris tertinggi tahun 2000, ia tetap tidak berhasil menetapkan status di industri pada titik waktu. Among other films of that period, Kamal Haasan 's Hey Ram was a critical success.  Di antara film-film lainnya pada masa itu, Kamal Haasan 's Hey Ram adalah keberhasilan yang kritis.  Pada tahun 2001, Mukerji membintangi Abbas Mustan 'drama romantis Chori Chori Chupke Chupke , dibintangi Salman Khan dan Preity Zinta . Film ini dirilis setelah tahun delay satu, dan merupakan salah satu film Bollywood pertama untuk menangani masalah melahirkan pengganti . Peran Mukerji adalah bahwa dari Priya Malhotra, seorang wanita yang tidak dapat hamil setelah keguguran, sehingga menyewa seorang ibu pengganti. Rediff.com menulis, "Rani Mukherji adalah cacat dengan peran yang tidak memberikan banyak ruang nya selain menangis dan menangis. Untuk kredit, dia berhasil memegang sendiri bahkan ketika memainkan bhartiya nari mengorbankan stereotip. Pada tahun 2002, Mukerji memainkan peran utama dalam Kunal Kohli romance s ' Mujhse Dosti Karoge! , dibintangi bersama
Hrithik Roshan dan Kareena Kapoor . Meskipun film tidak melakukan dengan baik di India, itu dihasilkan bisnis yang besar di luar negeri,  dan ditandai masuk ke dalam rumah produksi terbesar's India: Yash Raj Film . Belakangan tahun itu, Mukerji membintangi Shaad Ali 's kritis yang diakui Saathiya berlawanan Vivek Oberoi . peran Suhani Sharma, seorang mahasiswa kedokteran yang berkaitan dengan ketegangan dan ketidakpuasan dari menikah di usia muda, ia memenangkan Filmfare Critics Award untuk Best Performance , dan di antara beberapa nominasi lainnya, diterima pertama Aktris Terbaik nominasi pada Filmfare . Manish Gajjar dari BBC mencatat, "... Rani Mukerjee ... memainkan karakter seorang gadis kelas menengah dengan keyakinan besar."

Film Sukses tahun 2003 - 2006

pertama Mukerji 2003 rilis Aziz Mirza drama 's Chalte Chalte berlawanan Shahrukh Khan . Film melihatnya memainkan peran mirip dengan Saathiya, dan ia menerima nominasi kedua baginya Filmfare Award Aktris Terbaik . Diantara tiga rilis tahun itu, Mukerji membintangi Chori Chori , di mana ia digambarkan peran pertamanya komik nya. Walaupun film tidak melakukan dengan baik di box office, komik waktu itu Mukerji dipuji. Pada tahun 2004, kinerja sebagai seorang ibu rumah tangga Bengali di Ratnam Mani 's Yuva memenangkan Mukerji kedua Filmfare Award Aktris Pendukung Terbaik . Walaupun film ini gagal untuk melakukan dengan baik, kinerja nya kritis diakui dengan satu menulis kritik, "menuntut peran seorang aktris substansi dan Rani lebih dari hidup sampai harapan". Dia ditindaklanjuti dengan memainkan terkemuka berperan dalam komedi romantis Hum Tum , yang menjadi salah satu hits terbesar tahun ini. Film ini, berdasarkan pada film 1989 When Harry Met Sally ... , ini disutradarai oleh Kunal Kohli . Mukerji's portrayal of Rhea Sharma, a woman of today's generation, won her several awards, including her first Filmfare Best Actress Award . BBC wrote about her performance," Rani is fast becoming one of the more dependable and versatile actresses of her generation." itu penggambaran Mukerji dari Rhea Sharma, seorang wanita's generasi hari ini, memenangkan beberapa penghargaan, termasuk pertama Aktris Terbaik Penghargaan Filmfare menulis. BBC tentang kinerja dia, "Rani cepat menjadi salah satu diandalkan dan serbaguna aktris lebih dari generasi dia." Film, yang muncul sebagai film terlaris atas tahun di India dan luar negeri, menceritakan kisah cinta seorang perwira India, Veer Pratap Singh, dimainkan oleh Khan, dan seorang Pakistan wanita, Zaara, dimainkan oleh Zinta. Mukerji memainkan peran pendukung dari Saamiya Siddiqui, seorang pengacara Pakistan yang mengambil itu atas dirinya sendiri untuk menemukan kebenaran tentang Veer Pratap Singh.
Pada tahun 2005, Mukerji membintangi empat film profil tinggi: Sanjay Leela Bhansali 's Black , Shaad Ali 's Bunty Aur Babli , Amol Palekar 's Paheli dan Ketan Mehta 's The Rising . Dia terutama terkenal karena penampilannya dalam Black. Ketika Bhansali pertama kali datang ke Mukerji dengan menawarkan, ia menolaknya dan menyatakan bahwa ia tidak cukup percaya diri untuk memainkan gadis buta tuli. Setelah direktur beriman, dia setuju untuk melakukannya dan intens mempelajari bahasa isyarat dengan profesional di Helen Keller Institute di Mumbai .  Mukerji menerima banyak pujian kritis untuk penampilannya dan piala banyak dikumpulkan dalam kategori Aktris Terbaik pada upacara penghargaan berbagai. IndiaFM mencatat, "Tidak ada menyangkal bahwa Rani memberikan terbaik penampilannya sampai saat ini. Dengan tidak adanya dialog di pangkuannya, aktris menyampaikan melalui ekspresi semata-mata dan apa dampak yang hebat dia membuat. Berikut adalah kinerja yang harus bertindak sebagai panduan referensi bagi semua aktor bercita-cita ". rilis berikutnya Her, Bunty Aur Babli, muncul sebagai salah satu hits terbesar tahun ini.  Film ini, meskipun sukses di box office, dibuka untuk tinjauan yang beragam, dan begitu juga yang kinerja Mukerji, dengan satu menulis kritik, "Rani telah melakukan yang besar pekerjaan yang paling besar waktu, meskipun ia tidak cenderung untuk pergi sedikit di atasnya dalam adegan menangis. Namun demikian, Mukerji menerima nominasi Aktris Terbaik dari IIFA Awards dan Filmfare Awards .
Mukerji ditawari peran utama dalam Mira Nair 's Hollywood Film, The senama (2007) tapi karena bentrok tanggal dengan Kabhi Alvida Naa Kehna , dia tidak bisa berkomitmen untuk proyek tersebut. rilis pertamanya pada tahun 2006 adalah Karan Johar ' drama Kabhi Alvida Naa Kehna, yang terdiri dari starrer-multi yang mencakup Amitabh Bachchan , Shahrukh Khan, Abhishek Bachchan , Preity Zinta dan Kirron Kher . Film ini dibuka untuk tinjauan yang beragam, tetapi muncul sebagai film yang paling sukses yang pernah ke luar negeri. Film ini menceritakan kisah dua pasangan menikah sayangnya di New York, yang menghasilkan hubungan di luar nikah. Mukerji memainkan peran Maya Talwar, seorang wanita berlapis dengan diri-keraguan dan pertanyaan tentang hubungan antara dan suaminya, diperankan oleh Abhishek Bachchan, adalah kinerja diterima dengan baik. Dia Rajeev Masand dari CNN-IBN menyimpulkan, "Rani tampak satu juta dolar dan ia penyelaman bawah kulit karakter untuk membuat satu bagian yang akan kita ingat untuk waktu yang lama. " Ia menerima beberapa nominasi Aktris Terbaik, dan memenangkan ketiga IIFA Award Aktris Terbaik untuk tahun berturut-turut ketiga. rilis berikutnya's Mukerji adalah BR Chopra 's Baabul . Film tidak melakukan dengan baik di box office di India, meskipun terbukti menjadi hit luar negeri. Perannya sebagai seorang janda bertemu dengan tinjauan yang beragam.
Baru-baru ini bekerja, 2007-sekarang

pertama Mukerji 2007 rilis, Ta Ra Rum PUM , di mana ia memainkan seorang pianis berbalik ibu rumah tangga dan ibu untuk pertama kalinya pada seluloid, adalah hit semi. Penampilannya secara umum diterima dengan baik, dengan satu kritikus mencatat, "enacts Rani peran ibu / istri mahir. " terakhir yang dua rilis tahun, Pradeep Sarkar 'drama Laaga Chunari Mein Daag mana ia memainkan peran seorang wanita yang dipaksa untuk mengambil pelacuran karena masalah keluarga dan Sanjay Leela Bhansali's Saawariya mana dia lagi Michelle peran pelacur, adalah kegagalan kritis dan komersial di India.

Peran Mukerji di Kunal Kohli's Thoda Pyaar Thoda Magic , yang dirilis pada tanggal 27 Juni 2008, memperoleh tanggapan positif dari para kritikus, namun film gagal untuk melakukannya dengan baik di box office. Proyek bawah-dilakukan di box office dan's penggambaran Mukerji seorang gadis desa Punjabi penuh semangat yang bermimpi bermain kriket kelas pertama umumnya diterima dengan baik oleh kritikus.Dia selanjutnya membintangi UTV Motion Pictures ' No Satu Tewas Jessica (2011 ), sebuah film berdasarkan Lal Jessica kasus pembunuhan. Setelah dibebaskan, Mukerji akting menerima tinjauan yang beragam. Anupama Chopra dari NDTV menulis, "Bagi saya, yang palsu, catatan fatal dalam No Satu Tewas Jessica adalah Meera, reporter tangguh-berbicara fiksi diperankan oleh Rani Mukherjee, The. karakter ditulis dangkal dan Rani penggambaran dirinya sama dangkal. Ini semua tentang eksternal. Dia berpendapat banyak dan bangga label dirinya jalang tetapi rambutnya tetap sempurna di tempat dan pada akhirnya, ia bahkan sampai ke melakukan gerakan lambat super-pahlawan-seperti berjalan. " 
Kehidupan pribadi

  Mukerji mengubah transliterasi Inggris nama nya dari Mukherjee untuk Mukerji beberapa tahun yang lalu. Pada tahun 2006, Mukerji menyatakan numerologi itu bukan kekhawatiran; namanya telah diletakkan sebagai Mukerji di paspor, dan ia ingin konsisten 
Mukerji memiliki tiga rumah di Mumbai , termasuk rumah masa kecilnya. Dia membeli sebuah bungalow di Juhu untuk dirinya sendiri dan orang tuanya di pertengahan tahun 2005. Rumah itu pergi melalui renovasi dua tahun dengan interior yang dilakukan oleh Twinkle Khanna dan Sussanne Roshan .


Kontroversi

Pada bulan Juni 2005, Mukerji telah banyak dikritik setelah publikasi wawancara dengan surat kabar Inggris Desi Xpress . Mukerji diminta untuk nama idolanya dan ia menjawab, " Adolf Hitler ". Namun, dalam wawancara dengan Times Sekarang setahun kemudian, dia menyangkal pernah menyebut nama Hitler. 

Pada bulan November 2006, Mukerji menembak untuk film Laaga Chunari Mein Daag di Varanasi ketika penggemar avid ramai set. petugas keamanan memukul kerumunan kembali. Badai media diikuti berbagai kelompok bersikeras bahwa Mukerji seharusnya berhenti penjaga keamanan. Mukerji kemudian mengeluarkan permintaan maaf.


 Pekerjaan lain

Pada bulan Maret 2004, Mukerji mengunjungi bukit berpasir Rajasthan untuk meningkatkan moral para jawans . Itu adalah untuk menunjukkan tempat penghibur dan bintang-bintang mengunjungi pasukan India di daerah-terlempar jauh untuk mendorong mereka bersama dengan tim NDTV.  Telethon Konser untuk membantu mengumpulkan dana bagi korban Tsunami di perusahaan dengan lainnya Bollywood bintang-bintang. Aktris membantu mengumpulkan dana untuk Pusat Nasional Untuk Promosi Kerja untuk Penyandang Cacat (NCPEDP), terkemuka hak dinonaktifkan kelompok. Mukerji menyumbangkan uang hadiahnya, setengah nya-saham 50 lakh rupee dari penampilannya 2007 tentang Kaun Banega Crorepati dengan Preity Zinta , ke Rumah Sakit Keluarga Kudus. She said that this institution looks after children with heart problems. Dia mengatakan bahwa institusi ini terlihat setelah anak-anak dengan masalah jantung.

Mukerji adalah pemain panggung dan telah berpartisipasi dalam dua tur dunia. Tur dunia pertama adalah pada tahun 1999 dengan Aamir Khan , Aishwarya Rai , Akshaye Khanna dan Twinkle Khanna . Lima tahun kemudian, Temptations 2004 datang. Mukerji dilakukan bersama Shahrukh Khan , Saif Ali Khan , Preity Zinta , Arjun Rampal dan Priyanka Chopra dalam menunjukkan tahap sembilan belas di seluruh dunia.
Pada tahun 2005, Mukerji adalah seorang tamu kehormatan di makan malam negara untuk menyambut Jenderal Pervez Musharraf di perusahaan Perdana Menteri India Manmohan Singh . Mukerji adalah aktris Bollywood hanya pada daftar tamu elit. Ia muncul bersama dengan berbagai aktor-aktor Bollywood lainnya di Upacara Penutupan Commonwealth Games 2006 di Melbourne , sebagai bagian dari pertunjukan menampilkan budaya India, atas nama Commonwealth Games 2010 .

Di media

Rani Mukerji menempati slot atas's 'Top Ten Bollywood Actresses' daftar Filmfare selama dua tahun berturut-turut (2004-2005). Dia juga ditempatkan nomor satu di Bintang 'Rediff's' Top Bollywood Female Peringkat selama tiga tahun berturut-turut ( 2004-2006), sedangkan pada tahun 2007, ia berada di peringkat nomor lima. Pada bulan Februari 2006, Majalah Filmfare kedelapan dia ditempatkan di antara "Sepuluh Nama Powerfull Sebagian besar Bollywood", sebuah prestasi dia berulang dari tahun sebelumnya , di mana ia berada di peringkat nomor sepuluh, satu-satunya perempuan dalam daftar tersebut.

Pada tahun 2007, ia berada di peringkat nomor lima. Pada Perempuan Internasional Day 2007, Mukerji datang di posisi keempat pada All-Time Best Bollywood aktris Pernah daftar. Dia ditempatkan di nomor # 36 oleh majalah Inggris Timur Mata sebagai salah satu "Wanita Terseksi Asia" (Sept/2006). Mukerji sering ditampilkan dalam berbagai daftar oleh Rediff.com , di antaranya,'s Most Beautiful Bollywood Actresses,  Best Berpakaian Perempuan Bollywood dan Perempuan Banyak Faces. 

Mukerji telah membuat empat penampilan di Karan Johar show s 'berbicara Koffee dengan Karan . Dia muncul dengan Kareena Kapoor , Shahrukh Khan dan Kajol , Madhuri Dixit sebagai tamu kejutan dan dengan Vidya Balan mempromosikan film mereka No Satu Tewas Jessica (2011) Rani membuat entri di ke layar kecil dengan realitas tarian menunjukkan Tari Premier League pada tahun 2009 .

Filmografi

2012 Zakhmi (filming)

2011 No One Killed Jessica
Meera Gaity (as Rani Mukerji)

2009 Dil Bole Hadippa!
Veera Kaur / Veer Pratap Singh
 
2008 Rab Ne Bana Di Jodi (as Rani Mukerji)

2008 Thoda Pyaar Thoda Magic
Geeta (as Rani Mukerji)

2007 Saawariya
Gulabji

2007 Laaga Chunari Mein Daag: Journey of a Woman 
Vibhavari Sahay (as Rani Mukherji)

2007 Ta Ra Rum Pum
Radhika (as Rani Mukerji)

2006 Baabul
Malvika 'Mili' J. Talwar/Malvika A. Kapoor (as Rani Mukerji)

2006 Kabhi Alvida Naa Kehna 
Maya Talwar (as Rani Mukerji)

2005 The Rising: Ballad of Mangal Pandey
Heera (as Rani Mukerji)

2005 Paheli
Lachchi (as Rani Mukerji)

2005 Bunty Aur Babli
Vimmi Saluja (as Rani Mukerji)

2005 Black
Michelle McNally (as Rani Mukerji)

2004 Veer-Zaara
Saamiya Siddiqui (as Rani Mukerji)

2004 Hum Tum
Rhea Prakash (as Rani Mukerji)

2004 Yuva
Sashi Biswas (as Rani Mukerji)

2003 LOC: Kargil
Hema (as Rani Mukherji)

2003 Kal Ho Naa Ho
Special Appearance (as Rani Mukerji)

2003 Chori Chori
Khushi

2003 Calcutta Mail
Bulbul/Reema

2003 Chalte Chalte
Priya Chopra (as Rani Mukherji)

2002 Chalo Ishq Ladaaye
Sapna (as Rani Mukherji)

2002 Saathiya
Suhani (as Rani Mukerji)

2002 Mujhse Dosti Karoge!
Pooja Sahani

2002 Pyaar Diwana Hota Hai
Payal Khurana (as Rani Mukherji)

2001 Kabhi Khushi Kabhie Gham...
Naina (as Rani Mukherji)

2001 Nayak: The Real Hero
Manjari (as Rani Mukherji)

2001 Bas Itna Sa Khwaab Hai...
Pooja (as Rani Mukherji)

2001 Chori Chori Chupke Chupke
Priya Malhotra

2000 Kahin Pyaar Na Ho Jaaye
Priya Sharma (as Rani Mukherji)

2000 Har Dil Jo Pyar Karega...
Pooja Oberoi
 
2000 Bichhoo
Kiran Bali (as Rani Mukherji)

2000 Hadh Kar Di Aapne
Anjali Khanna

2000 Hey Ram
Aparna Ram

2000 Badal
Rani

1999 Hello Brother
Rani

1999 Mann
Sexy girl (song "Kali Nagin Ke")

1998 Mehndi
Pooja (as Rani Mukherji)

1998 Kuch Kuch Hota Hai
Tina Malhotra (as Rani Mukherji)

1998 Ghulam
Alisha

1997 Raja Ki Ayegi Baraat
Mala (as Ranee)

        Penghargaan

penghargaan Mayor

  Anandalok Puraskar Awards

The Anandalok Puraskar Awards upacara adalah salah satu film yang paling menonjol peristiwa untuk Bengali Cinema di India. Mukerji telah menerima empat penghargaan selama masa lalu untuk bagian Hindi.
Tahun  Kategori  Film Hasil
2006 2006 Aktris Terbaik Black  Won 
2010 2010 Aktris Terbaik (Choice Kritik ') Dil Bole Hadippa!  Won 
 
Bidadari Film & Televisi Produsen Guild Awards

The Bidadari Film & Televisi Produsen Guild Awards disajikan oleh industri film Bollywood untuk menghormati dan mengakui keunggulan profesional rekan-rekan mereka. Mukerji telah menerima satu penghargaan dari empat nominasi. 
 Tahun  Kategori Film Hasil
2006 Aktris Terbaik Black  Won
Hum Tum  Nominasi
Aktris Pendukung Terbaik Veer-Zaara  Nominasi 
2008 Aktris Terbaik Laaga Chunari Mein Daag Nominasi 

Bengal Film Journalists' Association Awards 

The Bengal Film Jurnalis 'Association Awards didirikan oleh Asosiasi tertua kritikus Film pada tahun 1937. Ini adalah salah satu penghargaan paling bergengsi yang diselenggarakan di India. Mukerji telah menerima dua penghargaan.
Tahun Kategori Film  Hasil
 2003  Aktris Terbaik (Hindi Film) Saathiya    Won 
 2006 Black    Won 

Bollywood Movie Awards 

The Bollywood Movie Awards adalah upacara penghargaan tahunan film diadakan di Long Island , New York , Amerika Serikat antara 1999 dan 2007 merayakan film dan aktor dari Bollywood industri film.  Mukerji telah memenangkan tiga penghargaan dari enam nominasi. 
Tahun Kategori Film Hasil
2003  Aktris Terbaik Saathiya   Nominasi
Female Kritik Award - Female Saathiya  Won
2004 Aktris Terbaik Chalte Chalte   Nominasi
2005 Aktris Terbaik Hum Tum  Won
 Aktris Pendukung Terbaik Yuva   Won
2006 Aktris Terbaik Black   Nominasi
2007 Aktris Terbaik KANK   Nominasi

Filmfare Awards

The Penghargaan Filmfare disajikan setiap tahun oleh Grup Times untuk menghormati baik dan teknis keunggulan artistik dari para profesional di industri film bahasa Hindi India. Mukerji telah memenangkan enam penghargaan dari dua belas nominasi. Mukerji adalah dan hanya aktris pertama yang pernah memenangkan baik Aktris Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik piala dalam satu tahun (2005) di Filmfare. Dia juga aktris pertama dan hanya untuk tanggal untuk memenangkan kedua Choice Filmfare Critics 'Best Actress dan penghargaan Filmfare Best Actress pada tahun yang sama untuk film yang sama.
Tahun Kategori Film  Hasil
 1999
2001
Aktris Pendukung Terbaik Kuch Kuch Hota Hai  Won 


Har Dil Jo Pyar Karega  Nominasi 
2003 Aktris Terbaik Saathiya  Nominasi 
 Kritik Award untuk Best Performance Saathiya  Won 
2004 Aktris Terbaik Chalte Chalte  Nominasi 
Aktris Pendukung Terbaik Hum Tum  Won 
 2005 Yuva  Won
Veer-Zaara  Nominasi 
2006  Aktris Terbaik Black  Won 
Bunty Aur Babli   Nominasi 
Kritik Award untuk Best Performance Black  Won 
 2007 Aktris Terbaik KANK Nominasi 
Aktris Pendukung Terbaik Laaga Chunari Mein Daag  Nominasi 
 2008 Saawariya  Nominasi 

Global India Film Awards

The Global India Film Awards adalah upacara penghargaan untuk industri film Hindi yang diadakan di luar negeri pada tahun 2005 dan 2007, tidak lagi diadakan sekarang. Mukerji telah menerima satu penghargaan dari dua nominasi. 
 Tahun Kategori Film Hasil
2005 Aktris Terbaik Hum Tum  Won
2007 KANK   Nominasi  
 
International Indian Film Academy Awards

The International India Film Academy Awards disajikan setiap tahun oleh International India Film Academy untuk menghormati baik dan teknis keunggulan seni profesional di Bollywood, dalam bahasa Hindi industri film. Mukerji telah memenangkan empat penghargaan dari nominasi sepuluh,  termasuk nominasi khusus untuk Bintang Dekade - Female. Dia memegang rekor untuk menang paling dalam kategori Aktris Terbaik, memimpin dengan tiga kemenangan berturut-turut.
 Tahun Kategori Film Hasil
2003  Aktris Terbaik Saathiya  Nominasi
2004 Chalte Chalte  Nominasi
2005 Hum Tum   Won
 Aktris Pendukung Terbaik Veer-Zaara   Won
Yuva  Nominasi
2006 Best Actress Aktris Terbaik Black   Won
Bunty Aur Babli   Nominasi
2007 Kabhi Alvida Naa Kehna   Won
2008 Aktris Pendukung Terbaik Saawariya  Nominasi
2009 Bintang Dekade ini - Female
Nominasi
Lycra MTV Style Awards

Lycra MTV Style Awards diberikan kepada orang-orang paling bergaya di film, televisi dan industri fashion. Mukerji telah memenangkan satu penghargaan.

 Tahun Kategori Film Hasil
2005 Kebanyakan Stylish Dalam Film  Hum Tum  Won

Sansui Pemirsa Choice Awards

The Sansui Viewer's Choice Awards adalah sebuah upacara penghargaan tahunan yang disampaikan kepada industri film Bollywood, yang dilarang pada tahun 2005, sekarang tidak lagi diadakan. Mukerji telah memenangkan satu penghargaan dari tiga nominasi.
Tahun Kategori Film Hasil
2003 Aktris Terbaik Saathiya   Nominasi
Juri's Choice Aktris Terbaik  Won
2004  Aktris Terbaik Chalte Chalte   Nominasi 
   
Star Screen Awards

The Star Screen Awards adalah upacara penghargaan hanya di India untuk terlibat dengan Direktur Eksekutif dan Gubernur Academy of Motion Picture Seni dan Ilmu Pengetahuan . Mereka disajikan setiap tahun untuk menghormati keunggulan profesional di industri film bahasa Hindi India. Mukerji telah mengumpulkan tujuh kemenangan dari sembilan nominasi,  termasuk tiga nominasi untuk Jodi No 1 (dengan Abhishek Bachchan pada tahun 2005 dan 2006 dan Shahrukh Khan pada tahun 2007).
Tahun Kategori Film Hasil
1997  Best Fresh Talent Raja Ki Aayegi Baraat  Won
2003 Aktris Terbaik Saathiya  Nominasi
Penghargaan Khusus Dewan Juri Saathiya   Won
2004  Aktris Terbaik Chalte Chalte  Nominasi
2005 Hum Tum  Won
Aktris Pendukung Terbaik Yuva  Won
Veer-Zaara  Nominasi
Jodi No. 1 (bersama dengan Abhishek Bachchan) Yuva  Nominasi
2006 Best Actress Aktris Terbaik Black   Won
Jodi No. 1 (bersama dengan Abhishek Bachchan) Bunty Aur Babli   Won
 2007 Jodi No. 1  (bersama dengan Shahrukh Khan) KANK  Nominasi

Star's Sabsey Favourite Kaun Awards

The Star's Sabsey Favourite Kaun Awards diadakan setiap tahun setelah kampanye pemilihan mencakup di 30 kota di seluruh India. Votes biasanya dikirim melalui situs resmi dan melalui SMS. Mukerji telah menerima empat penghargaan atas masa lalu dan memegang rekor untuk penghargaan paling, keempat adalah kemenangan berturut-turut.
Tahun Kategori Film  Hasil
2005  Sabsey Favorit Srikandi  Hum Tum dan Veer-Zaara Won 
2006  Sabsey Favorit Srikandi Black  Won 
2007  Sabsey Favorit Srikandi KANK   Won 
2008 Sabsey Favorit Srikandi
(Bersama dengan Katrina Kaif untuk Singh Is Kinng )
Ta Ra Rum Pum dan Laaga Chunari Mein Daag Ta    Won 
 
Stardust Awards

The Penghargaan Stardust adalah sebuah upacara penghargaan diberikan setiap tahun oleh Stardust majalah. Mukerji telah memenangkan satu penghargaan dari sembilan nominasi. 
Tahun Kategori Film Hasil
2004 Star of the Year - Female Chalte Chalte   Nominasi
2005 Hum Tum  Nominasi
2005 Aktris Pendukung Terbaik Yuva   Nominasi
2006  Star of the Year - Female Black  Won
Bunty Aur Babli Nominasi
2007 KANK  Nominasi 
2008 Laaga Chunari Mein Daag  Nominasi
2008 Aktris Pendukung Terbaik Saawariya  Nominasi
2010  Star of the Year - Female Dil Bole Hadippa!  Nominasi 

Zee Cine Awards

The Zee Cine Awards merupakan upacara penghargaan untuk industri film Hindi, dan sekarang disimpan di luar negeri setiap tahun. Mukerji telah memenangkan empat penghargaan dari sembilan nominasi. 
Tahun Kategori Film Hasil
1999 Aktor Terbaik dalam Peran Pendukung - Female Kuch Kuch Hota Hai  Won
 Lux Face of the Year Ghulam & Kuch Kuch Hota Hai   Won
2003   Aktor Terbaik - Female Saathiya  Nominasi
2004 Chalte Chalte   Nominasi
2005 Hum Tum  Won
Aktor Terbaik dalam Peran Pendukung - Female Yuva  Nominasi
2006 Aktor Terbaik - Female Black   Won
Bunty Aur Babli  Nominasi
2007 KANK


Nominasi
penghargaan Lain

Tahun Penghargaan Kategori Film
Pemenang
2005  Orang Bollywood Planet's Choice Awards   Aktris Terbaik  Black 
2007 Café Film BBC Awards   Aktris TerbaikKANK 
2009 Indian Telly Awards  TV Ki Raani 
 V. Shantaram Awards

  Pahlawan Terbaik 
Dil Bole Hadippa! 
2011 Dadasaheb Phalke Awards   Kinerja PosisiNo One Killed Jessica 
 Penghargaan Spa Penghargaan Diva 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar